Lembaga Pendidikan Montessori Islam

Apa Itu Circle Time? Simak Pentingnya Aktivitas Berdiskusi Bersama Bagi Anak

circle time pada anak
February 24, 2025

Dalam dunia pendidikan anak usia dini, istilah circle time mungkin sudah tidak asing lagi. Namun, bagi sebagian orang tua atau pengajar, konsep ini mungkin masih terdengar baru. 

Circle time atau waktu lingkaran adalah kegiatan yang umum dilakukan di lembaga pendidikan anak usia dini, seperti taman kanak-kanak atau kelompok bermain. Kegiatan ini melibatkan anak-anak yang duduk bersama dalam lingkaran untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas yang dipimpin oleh guru atau fasilitator.

Circle time bukan sekadar kegiatan mengisi waktu luang atau bermain semata. Lebih dari itu, circle time memiliki peran penting dalam perkembangan anak secara holistik. Melalui kegiatan ini, anak-anak berkesempatan untuk belajar, berinteraksi, dan mengembangkan berbagai keterampilan yang bermanfaat bagi kehidupan mereka. 

Lantas, apa saja manfaat circle time bagi anak-anak? Bagaimana cara melaksanakannya dengan efektif? Mari kita simak pembahasannya lebih lanjut dalam artikel ini.

Manfaat Circle Time Untuk Anak

Nah, dari sejumlah sumber terpercaya ada beberapa manfaat circle time. Mengetahui betapa pentingnya circle time untuk anak dan orang tua, berikut sejumlah manfaat circle time yang perlu diketahui ayah dan bunda. 

Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa

Guru mengamati bahwa kegiatan circle time berkontribusi pada peningkatan kepercayaan diri siswa. Hal ini ditunjukkan dengan keberanian mereka dalam menyampaikan pendapat dan keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri. 

Selain itu, siswa juga menunjukkan tanggung jawab atas tindakan mereka dan keberanian untuk mengakui kesalahan. Pandangan ini juga didukung oleh siswa yang merasa lebih berani dan percaya diri setelah mengikuti circle time, terutama dalam menyampaikan pendapat dan tampil di depan kelas untuk mengerjakan soal atau mencoba hal baru.

Peningkatan Empati

Kegiatan circle time terbukti meningkatkan empati siswa. Mereka menjadi lebih mampu memahami perasaan orang lain, saling menghargai, tolong-menolong, dan menunjukkan kasih sayang. Siswa juga merasakan peningkatan empati, seperti sikap saling menghargai. 

Circle time membantu siswa untuk tidak hanya fokus pada pendapat sendiri, tetapi juga menghargai pendapat teman-temannya.

Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa

Circle time merupakan bagian dari pembelajaran sosial emosional yang berperan penting dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. Kegiatan ini memfasilitasi interaksi yang lebih baik antara siswa dengan guru maupun teman sebaya. 

Selain itu, siswa juga mengembangkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah, seperti masalah perilaku di kelas, seperti mengejek teman, berkelahi, terlambat, membuat keributan, atau mengganggu teman. 

Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah tidak hanya dilihat dari sudut pandang guru, tetapi juga dirasakan oleh siswa itu sendiri. Circle time memberikan manfaat bagi siswa dalam mengatasi masalah di kelas, serta mendorong keaktifan mereka dalam mencari solusi dan menyampaikan pendapat.

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa

Kegiatan circle time berkontribusi pada peningkatan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar adalah dorongan dan arahan yang membuat siswa semangat dalam belajar. 

Guru mengamati bahwa siswa menunjukkan semangat yang lebih tinggi dalam mengikuti pembelajaran setelah circle time. Hal ini juga dirasakan oleh siswa yang merasa lebih termotivasi dan bersemangat dalam belajar setelah mengikuti kegiatan tersebut.

Tertarik untuk melibatkan anak dalam aktivitas belajar circle time? TK Islam Albata bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengenalkan anak dalam kegiatan circle time. 

Albata Montosseri Islamic School TK Islam di Surabaya 

TK Albata Montessori berlokasi di Babatan Indah B9/1 Wiyung-Surabaya dan berdiri sejak 2019 menawarkan metode pembelajaran terbaik yang berpusat pada siswa, tetapi juga berorientasi pada peningkatan keimanan anak. Fasilitas dan metode pembelajaran dirancang untuk mendukung perkembangan siswa secara holistik.

TK Albata memiliki kurikulum yang komprehensif, memberikan siswa pengalaman belajar yang praktis, kolaboratif, serta berlandaskan nilai-nilai agama Islam. Pendekatan belajar sambil bermain ini bertujuan untuk menumbuhkan persepsi positif bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan dan tidak membebani siswa.

Selain itu, untuk mendukung anak untuk terbiasa dengan berbagai bahasa. Albata juga membiasakan anak berbicara dengan tiga bahasa yakni Indonesia, Inggris dan Arab. Hal ini membuat anak perlahan mulai mengenali kosa kata sederhana dari berbagai bahasa asing. 

Menariknya lagi, TK Islam Albata juga menerapkan circle time yang mana anak bisa berkegiatan dan belajar kelompok dalam sebuah lingkaran untuk mengasah anak membangun hubungan sosial dan kepercayaan diri. 

Kurikulum TK Albata Montessori School 

TK Albata menjelma menjadi pusat pendidikan anak usia dini yang tak sekadar mengajarkan ilmu pengetahuan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai luhur agama dan keterampilan berbahasa. 

Di sini, anak-anak tidak hanya dibimbing untuk menguasai tiga bahasa—Indonesia, Arab, dan Inggris—sebagai bekal untuk perubahan perkembangan yang semakin global, tetapi juga dibentuk karakternya agar menjadi pribadi yang beriman dan berakhlak mulia.

Landasan keimanan ditanamkan melalui pemahaman tauhid yang mendalam, mencakup keyakinan akan keesaan Allah dalam segala aspek kehidupan. Anak-anak diperkenalkan dengan konsep Uluhiyah, Rububiyah, dan Asmaul Husna, sehingga keimanan mereka tumbuh kokoh sejak dini.

Selain itu, TK Albata juga menekankan pentingnya adab dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Sopan santun dan perilaku terpuji diajarkan dan dipraktikkan, sehingga anak-anak tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki hati yang bersih dan gemar berbuat baik.

Pemahaman agama yang komprehensif juga diberikan melalui pengenalan fiqih, yang mencakup aturan-aturan dasar dalam Islam. Anak-anak belajar tentang kewajiban-kewajiban sebagai seorang Muslim, seperti shalat, puasa, dan zakat, serta hal-hal yang harus dihindari.

Kecintaan terhadap Al-Qur’an ditumbuhkan melalui pembelajaran tartil dan tahfidz. Anak-anak diajarkan cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, serta menghafal ayat-ayat suci secara bertahap.

TK Albata mengadopsi kurikulum Montessori yang terbukti efektif dalam mendukung perkembangan anak secara holistik. Anak-anak diberikan kebebasan untuk belajar secara mandiri dalam lingkungan yang terstruktur, dengan bimbingan dari para pendidik yang berkualitas dan bersertifikat.

Fasilitas di TK Montessori Islam Albata

Menariknya, TK Montessori Islami Albata juga menyediakan berbagai fasilitas yang tidak hanya didapatkan untuk anak namun juga untuk orang tua. 

Berikut sejumlah fasilitas TK Montessori Islam Albata yang perlu Anda ketahui misalnya tahsin for Parents, Webinar for Parents, One on one meeting teacher with parents, Discuss group for teacher dan parents, CCTV di setiap kelas hingga pelaksanaan 17 kali field trip yang menarik dan menyenangkan. 

Berbagai fasilitas ini membantu bunda dan ayah mengetahui dan memantau berbagai masa perkembangan anak, namun TK Islam Albata juga memberikan fasilitas untuk perkembangan orang tua seperti tahsin dan webinar. 

Metode Pembelajaran di TK Albata

Menariknya, di TK Albata menerapkan metode pembelajaran tidak hanya berfokus pada pencapaian akademik anak namun adanya pembelajaran berlandaskan Al-Qur’an dan sunnah yang membantu pengetahuan anak terkait islam bertambah.

TK Albata menerapkan kurikulum berbasis Al-Qur’an dan Sunnah, serta ajaran Salafus Shalih, untuk membentuk karakter anak yang taat dan berakhlak mulia. Metode Montessori yang bersertifikat digunakan untuk mendukung perkembangan anak secara holistik melalui pembelajaran mandiri yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan masing-masing anak.

Sistem kelas dengan pengelompokan vertikal diterapkan untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kolaborasi antar siswa. Proses pembelajaran dibimbing oleh pengajar berkualitas dan bersertifikat dari perguruan tinggi ternama yang mampu menerapkan metode pengajaran yang efektif dan menyenangkan.

TK Albata Montessori School Jadi TK Terbaik di Surabaya 

Jadi tunggu apalagi Bunda, jangan ragu untuk menyekolahkan ananda ke TK Islam Albata. TK Albata memiliki kurikulum komprehensif terkait pendidikan anak usia dini serta penerapan keislaman untuk membantu meningkatkan iman si kecil, mulai dari tauhid, fiqih hingga akidah akhlak yang sesuai.

Yuk, segera daftarkan buah hati Anda bersama TK Montessori Islami Albata. Untuk informasi selengkapnya cek di akun instagram @albata.id atau menghubungi admin dengan KLIK DISINI.  

Reference 

Zadha Anggun Arsyndie dkk. 2022. Pengembangan Sosial Emosional Melalui Circle Time Kelas VI SD Muhammadiyah Sidoarum. Semhas PLP: Universitas Ahmad Dahlan

Rizqi Hanabella dkk. 2021. Eksplorasi Implementasi Circle Time pada Sekolah Dasar yang Menerapkan Gerakan Sekolah Menyenangkan. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan. Vo. 12, No. 1, 1-18

Leave A Comment:

Your email address will not be published. Required fields are marked *