Mengenalkan Nama Asmaul Husna melalui Kegiatan Menyenangkan di Kelas Toddler Albata
Bu, pernah membayangkan bagaimana serunya si kecil belajar mengenal nama-nama Asmaul Husna sambil bermain? Di kelas Toddler Albata, Ustadzah mengajak anak-anak mengenal salah satu Asmaul Husna, Al-Mussawir (Yang Maha Membentuk Rupa), melalui berbagai aktivitas yang tak hanya menyenangkan tetapi juga bermanfaat untuk perkembangan sensorik motorik mereka. Yuk, simak cerita kegiatan belajar Asmaul Husna di kelas Toddler Albata!
Dimulai dengan Bermain Montessori
Di awal sesi, ustadzah di kelas Toddler Albata mengajak anak-anak bermain dengan aparatus Montessori. Aktivitas ini bertujuan untuk melatih kemandirian anak, meningkatkan koordinasi motorik, serta mengasah kemampuan mereka dalam memecahkan masalah. Aparatus Montessori yang beragam membantu anak-anak belajar melalui eksplorasi, baik itu menyusun, mencocokkan, atau mengelompokkan benda-benda. Dengan bermain Montessori, anak-anak diajak untuk fokus dan mengenal konsep sebab-akibat melalui pengalaman langsung.
Bowling Botol: Mengenalkan Asmaul Husna Al-Mussawir
Setelah bermain aparatus, anak-anak diajak mengenal salah satu nama Asmaul Husna, yaitu Al-Mussawir. Ustadzah menyiapkan permainan bowling botol yang ditempel aneka gambar hewan. Saat anak-anak melempar bola ke arah botol, ustadzah menjelaskan bahwa Allah ﷻ tidak hanya membentuk rupa manusia, tetapi juga menciptakan berbagai bentuk rupa hewan dengan keindahan dan keunikannya masing-masing.
Melalui aktivitas ini, anak-anak tidak hanya belajar mengenal nama dan bentuk hewan, tetapi juga memahami bahwa segala rupa di dunia ini adalah ciptaan Allah ﷻ yang penuh hikmah. Selain itu, permainan ini melatih motorik kasar anak melalui gerakan melempar bola yang melibatkan koordinasi tubuh dan tangan.
Membuat Kandang Hewan: Belajar Kreatif di Luar Kelas
Setelah asyik bermain bowling botol, anak-anak diajak ke luar kelas untuk melakukan kegiatan membuat kandang hewan. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kreativitas, motorik halus, dan kerjasama tim.
Sambil membuat kandang, ustadzah bercerita tentang bagaimana Allah ﷻ menciptakan hewan dengan bentuk dan fungsi masing-masing. Anak-anak diajak untuk menghargai keindahan dan keberagaman ciptaan-Nya, yang juga menjadi salah satu cara mengenalkan konsep Al-Mussawir dengan lebih mendalam.
Manfaat Kegiatan untuk Sensorik Motorik Anak
Setiap kegiatan di kelas Toddler Albata dirancang dengan pendekatan Islamic Montessori, yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga edukatif. Berikut beberapa manfaat dari kegiatan yang dilakukan:
- Permainan Montessori: Melatih fokus, koordinasi mata dan tangan, serta kemampuan memecahkan masalah.
- Bowling Botol: Mengembangkan motorik kasar, pengenalan visual, dan kemampuan kognitif. Anak-anak diajarkan untuk mensyukuri ciptaan Allah ﷻ, baik dalam rupa manusia maupun hewan, dengan memahami bahwa semua makhluk memiliki peran penting di dunia.
- Membuat Kandang Hewan: Merangsang kreativitas, keterampilan motorik halus, dan pemahaman kerjasama. Anak-anak juga diajak untuk memahami pentingnya menjaga dan merawat ciptaan Allah ﷻ sebagai bentuk ibadah dan rasa syukur.
Dengan kegiatan seperti ini, anak-anak belajar lebih dari sekadar bermain. Mereka juga diajarkan nilai-nilai Islami secara alami, tanpa paksaan, sehingga lebih mudah dipahami oleh anak seusia mereka.
Yuk, Gabung ke Kelas Toddler Albata!
Bu, ingin si kecil menjadi sholih dan sholihah sambil bermain? Kelas Toddler Albata siap menjadi tempat belajar yang seru dan bermakna untuk anak-anak Anda. Dengan pendekatan Islamic Montessori, anak-anak tidak hanya diajarkan ilmu, tetapi juga nilai-nilai Islam yang menanamkan cinta kepada Allah ﷻ sejak dini.
Daftarkan si kecil sekarang dan temukan pengalaman belajar yang berbeda di kelas Toddler Albata!