Mengenal Profesi Performance Marketing Specialist
Dulu, banyak orang mengenal iklan melalui televisi, radio, billboard, dan lain sebagainya; namun strategi marketing tradisional ini memerlukan biaya yang tidak sedikit. Hal ini tentu menjadi pertimbangan bagi para pelaku bisnis. Performance Marketing hadir sebagai solusinya.
Yellowhead mendefinisikan performance marketing sebagai strategi online marketing dan advertising dimana pengiklan hanya perlu membayar jika sebuah tujuan bisnis tercapai (misalkan penjualan)
Profesi Performance Marketing Specialist: Bikin Campaign Naik Kelas
Performance Marketing bertugas untuk merancang dan mengelola campaign pada platform ads, seperti meta ads, google ads, TikTok ads dan lain sebagainya.
Profesi ini mempunyai kewajiban untuk menyusun target iklan, melakukan A/B testing atau Split Testing Harian, mengoptimasi Conversion Rate di setiap channel ads, menganalisis performa iklan dan membuat laporan audit kinerja campaign secara teratur.
Dengan strategi seperti ini, kegiatan advertising dapat memberikan pengaruh langsung yang signifikan terhadap tujuan dan performa bisnis secara keseluruhan.
Seorang performance marketing specialist akan berfokus untuk mengoptimasi campaign marketing agar bisa menghasilkan lebih banyak conversion melalui banyak uji coba dan keputusan yang berdasarkan data.
Pada dasarnya, memasang iklan adalah membeli slot untuk tayang di media tempat sekelompok audiens berkumpul. Jika memasang iklan di koran, pengiklan akan membeli slot untuk tampil pada jadwal tertentu dan perlu membayar di depan agar tidak digunakan oleh pengiklan lain. Kalau dalam performance marketing, pengiklan membayar hanya setiap kali ada conversion yang terjadi.
Dengan ini, maka biaya yang dikeluarkan oleh advertiser tidak akan terbuang percuma. Seperti yang tertera di contoh job description di bawah, performance marketer juga dapat melakukan optimasi budgeting dan bidding bahkan ketika kampanye sudah berjalan.
Ini merupakan strategi advertising yang sedang gencar digunakan oleh korporasi besar maupun UMKM yang baru berkembang karena berdasarkan data-driven. Profesi ini di Indonesia masih berada di tahap awal dan memiliki potensi perkembangan yang sangat besar di masa depan.
Jika kamu adalah seorang yang ambisius, analitis, dan memiliki pengalaman dalam digital marketing, kamu mungkin cocok menjadi seorang Performance Marketing Specialist di Albata!
Yuk bergabung dengan Albata dan ubah setiap campaign menjadi sukses yang luar biasa!