News Islamic Article

Maghrib banyak setan, apakah mitos?

Maghrib Banyak Setan
August 25, 2021

“Nak, ayo pulang sudah mau maghrib, nanti banyak setan” saya teringat itulah kalimat yang orang tua ucapkan untuk ‘memaksa’ anaknya pulang bermain. Awalnya, saya kira, ini hanyalah kalimat biasa yang memang ditujukan untuk menakuti anak, tapi ternyata, INI BUKAN MITOS.

Ternyata, orang tua memang memiliki kewajiban untuk melindungi anaknya dari gelapnya malam, karena pada malam harilah setan menyebar.

Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ – أَوْ أَمْسَيْتُمْ – فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ ، فَإِنَّ الشَّيَاطِينَ تَنْتَشِرُ حِينَئِذٍ ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنَ اللَّيْلِ فَحُلُّوهُمْ ، وَأَغْلِقُوا الأَبْوَابَ ، وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لاَ يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا

Apabila datang gelap malam (sore hari), maka halangilah anak-anakmu dari keluar rumah karena setan ketika itu berkeliaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam (waktu Isya), maka lepaskanlah mereka lagi. Hendaklah kalian menutup pintu dan berdzikir kepada Allah karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup.” (HR. Bukhari, no. 3304 dan Muslim, no. 2012)

Memang, tidak semua makhluk yang beredar pada malam hari itu jahat atau buruk, namun manusia tidak memiliki kemampuan untuk membedakan makhluk yang baik atau jahat, semua adalah kuasa Allah SWT. Maka dari itu, ikhtiar yang mampu dilakukan adalah menjaga diri dan keluarga dari kejahatan malam.

Wallahualam, Semoga Allah melindungi kita dari mala petaka.

Yuk! Belajar Mengaji dengan Pengajar Profesional 🏡

Contact:

.

💻 info@albata.id

📱 +62811 3300 650

Leave A Comment:

Your email address will not be published.