News

Jadi Orang Tua yang Kreatif dengan Menerapkan Home Education

September 13, 2021

“Orang tua adalah pemeran utama dalam pendidikan anak” – Begitulah perkataan dari Mbak Olivia Elsa malam itu, tanggal 10 September Albata mengadakan webinar mengenai konsep home education. Tema ini kami angkat karena kami ingin memberikan insight kepada orang tua mengenai home education, yang merupakan pendidikan pertama dan utama bagi anak.

Home Education adalah pendidikan rumah  dimana  keluarga maupun keluarga besar seperti Ayah,  Bunda, Kakek, Nenek, Paman, Bibi, anggota keluarga lainnya terlibat dalam mendidik anak – anaknya  atau generasi penerusnya. Home education bukan memindahkan aktivitas di sekolah kerumah, melainkan merancang berbagai aktivitas di rumah agar anak dapat mengambil nilai tertentu dari kegiatan tersebut. Dalam home education orang tua perlu menyusun lesson plan untuk setiap anak. Lesson plan ini dirancang sesuai dengan nilai – nilai yang orang tua ingin capai.

Berikut adalah tahapan dalam merancang lesson plan :

  1. Tulis standart  pencapaian yang  akan dicapai

2. Brainstorming,  tulis idenya,  breakdown  menjadi area  belajar

3. Susun Weekly Plan  dan persiapkan  material belajarnya

4. Eksekusi

5. Evaluasi

Home Education sebaiknya dimulai se – dini mungkin, dimulai sejak  anak dalam kandungan sampai Aqil Baligh di usia  15 tahun. Belum terlambat untuk menerapkan home education dari sekarang. Bagi Ummi dan Abi dan belum berkesempatan hadir, bisa mengakses materi webinar melalui link di bawah ini

Semoga bermanfaat, dan Allah mudahkan proses untuk memberi hak pendidikan kepada anak, nantikan webinar Albata selanjutnya.

Leave A Comment:

Your email address will not be published.