News

Big Dilemma – Anak jadi generalis / spesialis?

August 30, 2021

Momen ambil rapor sekolah biasanya selalu jadi momen yang mendebarkan bagi orang tua maupun anak. Jika dibayangkan dari sudut pandang anak, mungkin saja mereka mengkhawatirkan nilai jelek pada beberapa subjek, sedangkan orang tua mungkin saja bingung bagaimana cara menghadapi situasi ketika kita melihat hasil belajar anak. Banyak orang tua yang mengukur ‘standar kepintaran’ anak dengan angka – angka yang tertera di rapor, yang mana wajar karena rapor memang mewakili hasil belajar anak, lalu apa selanjutnya? apa yang akan dilakukan setelah mengetahui hasil belajar anak?

Atas kegelisahan inilah Albata mengadakan Webinar pada tanggal 29 Agustus 2021 bersama Fiki Kawakibi. Webinar ini mengangkat tema anak jadi generalis / spesialis tema ini dipilih karena kami meyakini bahwa sangat penting untuk mengetahui minat dan bakat anak. Memang benar bahwa salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan anak adalah nilai rapor, sekolah memberikan berbagai mata pelajaran kepada anak agar dapat mengetahui bakat anak, karena usia terbaik untuk eksplorasi minat bakat adalah pada usia 3 – 15 tahun.

Contoh kasus

Jika nilai matematika nya kurang bagus, coba perhatikan faktor – faktor lain seperti :

  • Apakah usahanya sudah maksimal?
  • Berapa jam yang dihabiskan untuk belajar matematika?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan anak memahami 1 materi? apakah cepat diterima / relatif lambat?

Dengan melakukan evaluasi ini kita dapat mempertimbangkan, apakah anak kita kurang maksimal dalam pembelajaran / memang matematika adalah kelemahannya? Jika kurang maksimal tentu saja kita dapat memberinya perhatian khusus atau jam tambahan untuk belajar matematika, namun jika usaha sudah maksimal namun belum juga baik, mungkin saja matematika bukanlah bidang yan tepat, maka temukan bidang lain yang mungkin adalah minat dan bakatnya.

Untuk mengetahui bakat anak, orang tua juga dapat menambahkan aktivitas lain selain sekolah seperti berenang, memanah, atau bidang lainnya.

Alhamdulillah webinar berjalan lancar, semoga webinar ini membawa manfaat bagi semua yang hadir.

Semoga Allah mudahkan jalan kita semua untuk mendidik anak, Aamiin Allahuma Aamiin.

Leave A Comment:

Your email address will not be published.